Thursday, January 17, 2008

Iseng Pelihara Semut

Pelihara Semut

Iseng? Hobi? atau Kurang Kerjaan?
Silahkan baca dan kalo tertarik atau tidat tertarik pasti temen-temen bisa jawab pertanyaan diatas

Sebenernya saya agak kaget juga kalo "iseng pelihara semut" ternyata banyak yang nanggepin, kenapa ya? Mungkin karena pada dasarnya rasa ingin tau atau couriousity tiap orang memang besar...halah bilang aja emang banyak yang suka iseng hehe. Info tentang Ant Work buat Pelihara Semut ini sebenernya saya dapet secara gak sengaja waktu kebetulan berkunjung ke rumah mertua di surabaya. Kebetulan juga Daniel, sahabat karib saya tinggal di surabaya dan dari dialah "Pelihara Semut" ini bermula, saya pribadi belum nyoba (mahal jee set ant worknya...pingin sih sebenernya hehe).


Oke saya gak panjang lebar ngulas gimana dapetin infonya....tulisan dibawah ini sekedar kopi paste dari blognya Daniel (moga-moga aja yang punya rela pasrah tulisannya saya kopi paste hehehe).

Pernahkah gak berfikir untuk memelihara SEMUT?
Dan tau gak, ternyata memelihara semut sangat menyenangkan?

Katanya dijamin stress langsung hilang saat melihat mereka bekerja keras tak kenal lelah.
LIHAT-lah CARA HIDUP SEMUT! Bagaimana mereka BEKERJA dan MENUMPUK persediaan makanan.

Konsep pemeliaharaan semut ini disebut juga ANT WORK ditengarai oleh NASA saat melakukan persiapan aktifitas ruang angkasa Amerika. Ide yang terlintas adalah bagaimana caranya membawa sekoloni semut ke luar angkasa untuk diteliti oleh astronot untuk mengetahui perilaku mereka dalam keadaan tanpa gravitasi (so what?). Dari situlah mungkin Jelly ANT WORK, yaitu nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh semut dalam membentuk sebuah koloni baru diciptakan. Ukuran media pemeliharaannya sendiri berdimensi:165 x 140 x 40 mm, memiliki bentuk seperti aquarium ikan tapi disini pehobbies (orang yg hobby) semut masih harus dilengkapi peralatan tambahan berupa Kaca pembesar plus Tongkat kecil untuk aktifitas pemeliharaannya.

Cara penggunaan ANT WORK sendiri adalah sbb:
  1. Bukalah ANT WORK anda, buatlah 2 buah lubang sedalam 1 inchi, dan 2 buah lagi sedalam 2 inchi. Hal ini untuk membantu semut memulai pembuatan terowongannya. Masukkan sekitar 20-25 ekor semut dalam ANT WORK, kemudian tutup kembali. anda dapat memilih sendiri semut seperti apa yang anda inginkan untuk peliharaan keren ini.
  2. Tunggu selama 24-48 jam, semut akan mulai menggali terowongan dengan sendirinya.
  3. Semut Pekerja Dewasa biasanya hidup 1-3 bulan. Sebaiknya angkatlah semut yang mati dengan Tongkat kecil(sudah termasuk). Dan tidak perlu khawatir, semut yang mati akan diangkat oleh temannya ke permukaan, begitulah cara semut mengatasi penyakit dalam koloni, Lihatlah, betapa cerdasnya mereka.
  4. Walaupun semut perlu oksigen, anda cukup membuka tutup untuk beberapa detik dalam seminggu. Biarkan pekerja keras ini menghirup udara segar dalam surga makanan mereka.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  1. ANT WORK adalah jelly padat yang penuh nutrisi, TIDAK diperlukan pemberian makanan dan minuman tambahan.
  2. Jangan mencampur jenis semut yang berbeda.
  3. Jangan diletakkan di tempat bersinar matahari secara langsung.

Memelihara semut sangat cocok bagi anda yang membutuhkan hobby baru ataupun sebagai alternatif penghilang stress akibat rutinitas kerja yg menumpuk.
Cocok juga diberikan sebagai hadiah bagi orang tua yg sudah memasuki masa pensiun…
Atau hadiah ulang tahun bos anda di kantor? Biar gak sering ngomel boleh juga kita kasih semut :) bagaimana?




Buat temen-temen yang minat pelihara semut bisa langsung pesen di Indohemat dot kom...murni beli langsung ke yang punya karena ini sekali program beli bukan program affiliate (saya jadi ngiklanin ya, tapi gak dapet apa apa hehehe)

Selamat Mencoba
-CHeers-

3 comments:

bilal said...

keren juga tuch... mo dibilang hobi tapi lucu ya ... semut gitu loh... yang etosnya harus ditiru sama manusia untuk gotong royongnya

ijal said...

tapi kalo piara semut api... trus lepas..

berabe tu..

UibStar said...

hi.. boleh tau ratu semut beli dimana?

 
ss_blog_claim=7a8f14e8b11e0506e534944e97700170