Wednesday, January 16, 2008

Motorcycle Safety Riding

Safety riding?

Aman dan nyaman berkendara motor?

Siapa sih yang gak kepingin, apalagi kalo sedang menempuh jarah jauh atau ke luar kota. Beberapa perlengkapan yang dulu dapat dikatakan "hanya" merupakan asesoris-pun kini mulai berubah jadi standar safety di kalangan para biker.


Safety riding tidak akan pernah bisa terlepas dari Safety Apparel atau asesoris keselamatan. Apa saja sih kira-kira pernik-pernik yang mulai jadi standar safetty riding? Mari kita lihat satu persatu mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki....

1. Helem Keselamatan / Safety Helmet
Para pengguna dan pecinta motor tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini dan hampir dipastikan memakainya mulai dari yang emang doyan pake helem standar balapan sampe yang hanya sekedar pake helem batok asal nempel biar gak ditilang pak polisi. Dalam memilih helem untuk berkendara sebenernya cuma diperlukan 2 kriteria saja yakni Aman dan Nyaman.


Aman apabila (semoga saja tidak sampai) terjadi kecelakan dan mengakibatkan kepala kita terbentur, sayang kan kalo kepala satu-satunya ini terbentur-bentur gak karuan. Untuk faktor Nyaman tentunya masing-masing kita punya standar tersendiri, ada yang nyamab dengan full helem menutupi kepala kita, ada pula yang nyaman hanya dengan helem yang menutupi kepala namun tidak menutupi wajah. Apapun helemnya baik mahal atau murah, bagus atau jelek, merek terkenal atau non merek...selama 2 kriteria Aman dan Nyaman terpenuhi maka itulah Safety Helmet (setidaknya menurut standar masing-masing pengguna)

2. Jaket Keselamatan / Safety Jacket
Sejak motor mulai mendominasi jalanan, jaket berkendara pun sepertinya sudah berubah dari yang hanya sekedar trendi menjadi salah satu safety apparels. Saat ini boleh dikata sudah banyak jaket yang beredar di kalangan para biker, mulai dari yang hanya sekedar untuk gaya atau menghindari masuk angin sampai dengan yang memang bener-bener sadar kalo jaket juga bagian dari safety apparels. Jaket yang baik untuk digunakan berkendara semestinya juga harus memenuhi kriteria Aman dan Nyaman.
Standar Aman disini tentu saja harus bisa melindungi bagian tubuh mulai dari leher sampai dengan pinggang. Untuk kriteria Nyaman tentu saja masing-masing biker punya satndar berbeda, ada yang merasa nyaman dengan full leather jaket atau full kain jaket atau juga kombinasi bagian luar kulit + bagian dalam kain. Pada umumnya bahan Gore-Tex atau Cordura merupakan bahan standar yang relatif tahan gesekan dan air untuk keamanan di bagian luar jaket sedangkan bagian dalam jaket bisa berupa bahan kain katun yang halus untuk kenyamanan. Silahkan anda sediri yang memilih...mana yang anda sukai.

3. Sarung Tangan Keselamatan / Safety Glove
Sadar atau tidak pada saat terjadi kecelakaan (semoga saja tidak), tangan terutama sekali telapak tangan adalah bagian yang paling cepat dan refleks merespon. Telapak tanganlah yang biasanya langsung menyentuh aspal atau permukaan jalan dan menahan tubuh kita. Fungsi utama safety glove adalah sebagai peredam resiko pada saat terjadi kecelakaan akibat refleks tubuh kita bekerja.
Safety glove dapat dikatakan memenuhi kriteria Aman apabila terbuat dari bahan campuran serat karbon dan kevlar (itu lho...bahan pembuat rompi anti peluru). Alternatif lain selain serat karbon dan kevlar yang harganya terjangkau adalah safety glove yang terbuat dari bahan kulit karena bahan ini relatif tidak meneruskan panas ke telapak tangan pada saat terjadi gesekan. Bahan kulit juga relatif lebih Nyaman digunakan karena elastis dan tidak mengganggu pergerakan tangan.


4. Celana Keselamatan / Safety Pants
Aneh juga ya dengernya, celana keselamatan hehe...tapi ya kira-kira memang begitu terjemahan bebasnya dari safety pants. Safety pants ini serupa juga dengan jaket sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari safety riding. Pada dasarnya safety pants juga harus memenuhi 2 kriteria Aman dan Nyaman.
Safety pants yang Aman biasanya menggunakan bahan yang tebal seperti jeans, kulit, gore-tex atau cordura yang relatif tebal dan tahan gesekan. Bahan-bahan seperti disebutkan sebelumnya biasanya tidak nyaman digunakan terutama pada saat panas matahari sedang terik teriknya, padahal kalo misal kerja di kota besar kayak Jakarta, Surabaya dan Semarang...ya ampun tobat panasnya hehe. Untuk mengatasi masalah Nyaman ini, biasanya pada bagian dalam celana dilapisi bahan kain katun yang halus...emang mahal ya harga keselamatan hehe.


5. Sepatu dan Kaos Kaki Keselamatan / Safety Shoes and Socks
Safety shoes and socks, satu paket yang gak bisa dipisahkan dan sangat penting buat diperhatikan para biker. Pada dasarnya sepatu yang akan digunakan pada saat berkendara motor haruslah memiliki tingkat elastisitas tinggi terutama pasa sendi engkel bagian depan yang harus elastis dan lunak, sementara untuk kaos kaki mungkin gak terlalu ribet pemilihannya asal bahan halus dan enak dipakai. Elastisitas disini akan sangat berguna saat anda melakukan pengereman mendadak (panic break), kaki anda dapt langsung melakukan gerakan bebas untuk mengerem tanpa terhalang kerasnya sepatu.
Pada umumnya sepatu yang Aman dan Nyaman untuk berkendara haruslah : melewati mata kaki, lebih baik tidak bertali, bahan kulit, terdapat pelindung di ujung jari kaki, ukuran 1 step lebih besar dari kaki kita (biasanya kaki akan mengalami pembengkakan pada saat berkendara dalam waktu lama) dan terdapat sirkulasi udara


Pertimbangan lain dalam pemilihan safety riding apparels.
Sebaiknya anda menghindari pemakaian bahan-bahan fiberglass dan sejenisnya. Memang dari aspek penampilan pada umumnya bahan-bahan fiber mungkin terlihat keren tapi tanpa disadari justru menimbulkan bahaya tersendiri bagi para biker. Sesuai dengan sifatnya, fiberglass akan patah atau pecah dengan ujung tajam yang dapat menimbulkan cedera serius pada penggunanya. Bahan terbaik yang dapat digunakan untuk safety apparels adalah serat karbon atau kevlar...tapi untuk saat ini ya emang masih mahal sih (menghela napas)...saya sendiri juga belu make, mahal mending buat isi perut hehe


Terlihat mahal ya semua safety apparels diatas...padahal itu masih minimalis lo...masih banyak yang lain kayak misal pelindung siku, lutut, punggung, pundak, sepanjang tulang lengan (tapi ini sih buat yang kelebihan duit aja kali ya). At least bagi saya, 5 barang diatas HARUS ADA apabila ingin safety riding di jalanan. Sedikit mahal tidak mengapa...toh juga untuk keselamatan kita juga...dan keselamatan kayaknya gak bisa diukur pake materi.

Happy Safety Riding buat para Motor Mania
-Cheers-

disadur dari site resmi Yamaha (dengan perubahan....dikit kok tanpa mengurangi konten hehe)

1 comment:

Dini said...

Thx bgt nh infonya....

 
ss_blog_claim=7a8f14e8b11e0506e534944e97700170