Monday, January 7, 2008

Persiapan Banjir???

Banjir rasanya susdah jadi trademark khusus buat negara kita, boleh dikata banyak kota-kota di negara kita yang menjadi langganan banjir. Secara tidak langsung persiapan menyambut banjir juga bisa mengalahkan moment-moment hari besar hehe....

Banjir kok pake disambut ya? Tapi ini emang bener.....


Beberapa waktu yang lalu sempet saya keliling beberapa kota di jawa, sempet juga gak ada bus gara-gara bengawan solo meluap (untung dapet tike KA waktu coba iseng ke stasiun....dan emang dasar rejeki, kebetulan ada yang batalin keberangkatan)

Satu hal yang bener-bener bikin hati ini kadang meringis....persiapan penanggulangan banjir di negara kita ini bukan bener-bener yang bersifat mencegah dan jangka panjang. Semua persiapan bisa dikatakan cuma bersifat sementara, bersifat hari ini saja tanpa mikir gimana ke depannya.

Contoh yang sering kita jumpai misalnya membuat tanggul-tanggul penahan banjir yang tiba-tiba menjamur dimana-mana, padahal kalo dikaji sebenernya bikin tanggul kayak gitu ya sama saja gali lobang tutup lobang, air dibendung disini ya lari kesana, kampung kita ditanggul gantian kampung sebelah yang banjir hehe....taun depan kampung sebelah juga bikin tanggul....gantian kampung kita yang banjir....ya cuma muter-muter gitu aja, karena apa? ya kembali lagi...solusinya tidak mengakar

Kasus lain yang bikin saya nyengir kuda....banyak orang-orang yang tinggal di kawasan banjir berlomba-lomba bikin lantai 2 buat rumahnya....dengan pertimbangan nanti kalau banjir ngungsi ke lantai 2. Batin saya sih "lha kalo banjirnya juga sampe lantai 2?? hehe, semoga nggak deng". Saya cuman mau komen disini, apa ya bijak dengan melakukan hal seperti itu? toh juga bakal menimbulkan masalah lain. Kalo misal bener-bener terjadi banjir dan pada ngusngsi di lantai 2, mau bertahan berapa lama? bagaimana pasokan logistiknya? belum lagi resiko penyakit? dan lain-lainnya. Ya saya paham betul kalo banyak yang gak setuju sama pendangan saya ini....tapi ya itulah Indonesia kita tercinta ini....banyak perbedaan tapi (semoga saja) tetep rukun hihihi

Tadi sudah banyak ngomongin solusi sementara, lalu bagaimana solusi yang mengakar? ya saya sendiri juga gak akan banyak ngomong dan sok tau karena pada dasarnya saya juga gak ngerti-ngerti banget....saya cuman memaparkan fakta. Tapi mungkin bisa dipikirkan bareng-bareng untuk solusinya...misal selalu memastikan sungai-sungai dan saluran air tidak tersumbat, tidak buang sampah sembarangan...ya yang gitu-gitu deh hehe....soalnya emang susah kalo udah ngomongin banjir, banyak aspek terkait dan gak bisa dipikir cuman oleh satu kepala...harus kepala beramai-ramai. Gak percaya banyak aspek penyebab banjir? contoh simpelnya saja....banjir sekarang bukan melulu disebabkan oleh curah hujan yang tinggi....baru-baru ini juga banyak terjadi banjir akibat air laut pansang hehe....aneh juga sih kalo dipikir-pikir...

Sekali lagi ini hanya merupakan opini, saya bukan bermaksud mencela pihak manapun. Saya berpandangan bahwa jika kita bukan merupakan bagian dari solusi, maka kita adalah bagian dari masalah.

Akhir kata....selamat menyambut banjir buat yang langganan kedatangan banjir (semoga tahun ini banjirnya lupa dateng ke rumah anda hehe)

Cheers....

1 comment:

sHaringaN said...

akhirnya...bisa melinkkan dengan kata² selengkapnya...meta pernah bikin kayak gini, tapi gara2 ganti skin..lupa lagi dech...alias hilang semua cara code untuk nulis selengkapnya ixxixixixi, by the way..blajarnya cukup cepat kok...semangat terus ya...
waduh,sory aku harusnya pake memecay.blogspot.com
ni soalnya lagi bikin punya tmen ^_6

 
ss_blog_claim=7a8f14e8b11e0506e534944e97700170